Widget HTML Atas

SELAMAT DATANG DI JUVENTO COMPUTER_MELAYANI JASA SERVIS LAPTOP,KOMPUTER MATI TOTAL,PRINTER_JUAL BELI LAPTOP SECOND BERGARANSI_JUAL AKSESORIS DAN SPAREPART LAPTOP,NOTEBOOK & KOMPUTER{LCD,BATREI,KEYBOARD,ADAPTOR,HARDISK,MacSSD,RAM,BLUETOOTH,WIFI CARD,SPIKER,KESING.dll}👉🏿LOKASI :Kompleks Perkantoran Bupati Nagekeo - Flores - NTT 🤳KONTAK.081236537747

Perbedaan Sistem Operasi Windows x32 bit dan x64 bit




Sitem operasi Windows (OS) merupakan salah satu sistem operasi perangkat lunak pada komputer yang paling banyak di gemari. Sistem operasi windows sangat mudah digunakan dan gampang di pahami.Bahkan rata - rata pengguna komputer dan laptop jaman sekarang ini banyak menggunakan sistem operasi windows ketimbang sistem operasi yang lain.

Dengan demikian windows telah menerapkan dua jenis basis sistem yang berbeda,yaitu basis sistem 32 bit dan 64 bit. dalam hal ini banyak pengguna komputer yang belum tau bahwa ada perbedaan pada sistem windows 32 bit dan 64 bit yang sangat berpengaruh pada kinerja suatu perangkat komputer atau laptop.


# Perbedaan Sistem Operasi Windows 32 bit dan 64 bit

     1. Jumlah Kapasitas Ram

Yang paling menonjol dari basis windows 32 bit dan 64 bit dapat dilihat dari jumlah            maksimal Ram yang berbeda. Untuk windows yang berbasis 32 bit memiliki jumlah batasan Ram yang lebih kecil dibandingkan dengan windows yang berbasis 64 bit.

Windows 32 bit hanya mampu  memiliki batas maksimal penggunaan Ram kurang dari 4 GB(terbaca 3.2 GB). Walaupun anda telah memasang komponen Ram berukuran 4 GB, pasti akan terbaca di komputer anda hanya sekitar 3.2 GB saja. Biasanya digunakan pada komputer / laptop yang memiliki standar prosesor Core 2 Duo ke bawah
Sedangkan windows 64 bit dapat membaca Ram lebih dari 4GB bahkan sampai 16 GB tergantung dari kemampuan prosesor pada mesin komputer anda. Biasanya digunakan pada Komputer / Laptop yang memiliki standar prosesor Core i3 keatas.


     2. Performa Prosesor

Perbedaan basis sistem Windows 32 bit dan 64 bit sebenarnya terletak pada kemampuan kinerja prosesor-nya. Apabila kita bandingkan dua basis tersebut, tentu saja teknologi prosesor 64 bit lebih unggul ketimbang teknologi prosesor yang dimiliki 32 bit.

Prosesor Windows 32 bit rasanya hanya ditujukkan untuk melakukan pekerjaan ringan saja, dan hanya dapat membuka aplikasi yang tidak terlalu berat. Hal ini jauh berbeda dengan teknologi prosesor Windows  berbasis 64 bit, yang memang cocok digunakan untuk mengoperasikan pekerjaan yang lebih berat, seperti bermain game HD, desain, video editing, dll.

     3. Kemampuan Dalam Memproses Data

Perbedaan arsitektur pada Windows dan prosesor 32 bit dan 64 bit tentu akan terlihat          sangat jelas. Bahkan, perbedaan arsitektur tersebut juga akan sangat mempengaruhi        kinerja komputer itu sendiri. Angka 32 dan 64 itu sebenarnya mewakili jumlah data
yang dapat diproses komputer dalam satu kali putaran.

Seperti Windows 32 bit, yang berarti setiap satu kali putaran suatu komputer hanya dapat memproses data sebesar 32 bit saja. Berbeda dengan 64 bit, yang dapat memproses data hingga 64 bit. Hal inilah yang membuat data, Windows, dan prosesor 64 bit dapat bekerja lebih cepat dan maksimal jikalau dibandingkan dengan Windows berbasis 32 bit.

     4. Kompatibilitas Software

Salah satu perbedaan yang juga terlihat sangat jelas adalah kompatibilitas suatu software yang dapat diinstal. Secara singkat, Windows 32 bit tidak dapat menjalankan software 64 bit. Sementara Windows 64 bit dapat leluasa menjalankan software 32 maupun 64 bit.


# Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Windows 32 bit dan 64 bit

>>Kelebihan Windows 32 bit
Dapat menjalankan software dan aplikasi lawas dengan basis 16 bit
Kompatibel dengan driver lama, dan sangat cocok untuk laptop atau komputer lawas
Dapat beroperasi dengan sangat baik dan optimal meskipun hanya memiliki RAM 2 GB saja

>>Kekurangan Windows 32 bit
Hanya dapat menjalankan sedikit software baru yang kompatibel
Tidak bisa menggunakan RAM lebih dari 4 GB
Tidak bisa digunakan untuk menjalankan software berat, salah satunya After Effects

>>Kelebihan Windows 64 bit
Lebih cepat dan efisien
Mampu membuat kinerja prosesir lebih optimal
Dapat menjalankan software 32 bit
Dapat digunakan untuk menjalankan software terbaru yang mengutamakan grafis

>>Kekurangan Windows 64 bit
Tidak cocok untuk Komputer / Laptop Jadul
Tidak terlalu optimal menggunakan RAM 2 GB